Monday, August 3, 2020

Metode Shahih Membangkitkan Umat



Oleh: Zakariya al-Bantany

LENTERA KEBANGKITAN


Metode Shahih Membangkitkan Umat

Kebangkitan hakiki adalah meningkatnya taraf pemikiran atau kenaikan taraf berpikir dari berpikir dangkal naik menjadi berpikir mendalam ('amiq) dan kemudian lagi naik menjulang tinggi menjadi pemikiran yang cemerlang (mustanir).

Kebangkitan yang benar (shahih) adalah meningkatnya taraf berpikir yang didasarkan pada asas ruhiyah Islam atau aqidah Islam yang menjadi qaidah fikriyah (asas berpikir/ pondasi intelektual) dan qiyadah fikriyah (kepemimpinan berpikir/ kepemimpinan intelektual).

Jika kebangkitan itu tidak didasarkan pada asas ruhiyah, memang mampu bangkit, tetapi kebangkitannya tidak termasuk kebangkitan yang benar, namun itu adalah kebangkitan yang semu dan fatamorgana belaka.

Dan kebangkitan apapun macamnya, tetap tidak dapat disebut kebangkitan yang benar selama tidak didasarkan pada asas pemikiran Islam atau aqidah dan mabda’ (ideologi) Islam.

Karena pemikiran Islam (aqidah dan mabda' Islam) tersebut bersumber dari Allah Yang Maha Benar dan Maha Sempurna serta Sang Maha Pencipta alam semesta, manusia dan kehidupan serta Allah pun Maha Tahu apa yang terbaik bagi manusia, kehidupan dan alam semesta tersebut.

Sebab, Allah yang menciptakan manusia, kehidupan dan alam semesta sekaligus Allah pula yang menurunkan wahyu-Nya beserta sistem peraturan hidup bagi manusia, kehidupan dan alam semesta untuk mengatur dan mengurusi itu semua agar selaras dan sejalan sesuai kehendak dan ridha-Nya semata sehingga terwujudlah keteraturan alam semesta, manusia dan kehidupan. Sehingga pula manusia pun akan selamat dunia dan akhirat serta terwujudlah kebahagiaan hakiki bagi manusia baik di dunia maupun di akhirat.

Jadi, kebangkitan yang shahih itu hanya kebangkitan Islam.
 
Metode untuk mencapai kebangkitan itu adalah dengan thariqah dakwah Rasulullah Saw. dengan mengemban Islam sebagai mabda’ (ideologi) atau sebagai Islam politik bukan semata-mata Islam spritual belaka. Dan sekaligus menegakkan pemerintahan (kekuasaan) yang didasarkan pada pemikiran Islam/aqidah dan mabda’ Islam, bukan semata-mata kebangkitan yang didasarkan pada peraturan, perundangan ataupun hukum semata. Penegakan negara yang berasaskan perundangan dan hukum, tidak mungkin mencapai kebangkitan.
 
Malah sebaliknya, jika itu yang terjadi sangat membahayakan kebangkitan itu sendiri. Jadi, tidak mungkin kebangkitan itu diraih melainkan dengan menegakkan pemerintahan dan kekuasaan atas dasar suatu pemikiran aqidah dan mabda’ Islam tersebut.
 
Dari pemikiran Islam inilah muncul pemecahan-pemecahan praktis untuk menanggulangi segala persoalan kehidupan yang sedang mendera masyarakat dan umat manusia. Dengan kata lain, dari pemikiran Islam tersebut keluar segala bentuk sistem peraturan, perundangan dan hukum.

Jadi, umat Islam saat ini, jika mereka menghendaki kebangkitan hakiki yang benar, maka mau tidak mau umat Islam harus menjadikan aqidah Islam sebagai asas yang menjadi arahan kehidupan mereka dan mereka pun kembali mengemban Islam sebagai mabda’ (ideologi) atau Islam politik. Di atasnya pun dibangun pemerintahan dan kekuasaan Islam.

Kemudian menyelesaikan seluruh problematika keseharian mereka dengan hukum-hukum yang terpancar dari aqidah Islam tadi. Yaitu dengan hukum-hukum syara’ (Syariah Islam), sebagai bagian dari perintah dan larangan Allah atau sebagai bagian dari keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT semata, bukan dengan anggapan lainnya.

Jika ini yang dijalankan, maka kebangkitan pasti akan muncul dan terwujud kembali. Bahkan kebangkitan yang hakiki dan shahih (benar), bukan sekedar bangkit. Umat Islam pun mampu menegakkan kembali peradaban agung Islamnya dan mampu menggapai puncak kegemilangannya lagi, meraih kembali kepemimpinan internasional untuk yang kedua kalinya. Demikianlah tata cara ataupun metode shahih membangkitkan umat Islam saat ini dengan kebangkitan yang hakiki dan shahih. Wahai kaum muslimin, dari sinilah kita mulai.

Allahu Akbar...!!!

Wallahu a'lam bish shawab. []
 

Channel Youtube Kopi Nikmat

Channel Youtube Kopi Nikmat
(klik gambar logo)

Fanpage di Facebook

Popular Posts

Search This Blog