Friday, November 27, 2020

Apa Sih Hubungan Halaqah Dengan Perubahan



Oleh: Muhammad Izzah, M.Pd.I

Kalau ada sahabat bertanya, kenapa saya mesti halaqah setiap pekan? apa manfaat buat saya? apa sih hubungan halaqah dengan perubahan?

Halaqah adalah kajian keislaman yang seorang murid bertemu dengan guru (mulazamah) aktivitas membaca teks kitab paragraph demi paragraph (Talaqqi) kemudian guru menjelaskan maksudnya.

Tradisi ilmiah ini telah diwarisi Rasul kepada generasi dari generasi sampai saat ini. Manhaj tradisi ilmu ini para ulama sudah tidak lagi diperhatikan umat Islam, sehingga terjadi kekacauan pemikiran Islam. Warisan Islam yang hebat hilang di tengah-tengah umat. Orang jahil mulai berbicara yang sebetulnya tidak memiliki otoritas. Wabah kebodohan dan kesesatan umat semakin kronis.

Halaqah adalah majlis intelektual antara guru dan murid. Majlis ini mengasah intelektual dan hati. Aktivitas halaqah mampu meningkatkan taraf berpikir dan membangun pola pikir yang benar.

Selain membangun intelektual, halaqah mendidik hati terpaut dengan Allah serta melapangkan jiwa. Halaqah mengajarkan kepada murid untuk senantiasa menjaga hati. Ikhlas, bersabar dan merendahkan hati di hadapan guru sebab turun barakah ilmu.

Boleh jadi dalam forum terjadi diskusi ilmiah tetapi tetap menjaga adab. Boleh jadi majlis halaqah murid lebih paham tema dalam kajian tetap wajib merendah diri di hadapan guru. Sabar, istiqamah dan ikhlas serta cita-cita tinggi terhadap menguasai tsaqafah jamaah bagian rasa memiliki jamaah.

Output yang diharapkan memiliki aqal dan nafsiyah Islami atau syakhshiyah Islamiyah (kepribadian Islami) dan politis.

Terbentuk Karakter Islam para murid dan modal tsaqafah Islam dikaji dituntut untuk menyebarkan karena bagian kewajiban dakwah. Berkembangnya sel dakwah secara kuantitas dan kualitas ide-ide Islam akan berkembang dan menyebar di tengah-tengah umat semakin cepat.

Opini dan kesadaran umat terhadap Islam semakin mengkristal, walhasil, perubahan semakin cepat. Jika Islam sudah menjadi ideologi umat, maka umat tidak akan ridho terhadap ideologi Islam dicampakkan penguasa. Umat akan menuntut perubahan, berjuang dan berjual-beli kepada Allah agar Islam diterapkan pada level bernegara.

Di sinilah urgensi halaqah, karena halaqah menciptakan secara kuantitas dan kualitas para pengemban dakwah amanah dan terpercaya.

Dakwah membutuhkan kesabaran, keikhlasan, semangat dan ilmu tsaqafah. Paket ini tidak bisa tawar menawar dalam diri kita sebagai pengemban dakwah. Jika dakwah hanya bermodal semangat tanpa disertai kemapanan tsaqafah Islam, kita akan kehilangan passion jati diri sebagai syabab...

... Semoga Allah senantiasa memberikan hidayah, perlindungan, keikhlasan, kesabaran dan istiqamah kepada kita semua. Aamiin…

Salam saudaramu Al faqir


Channel Youtube Kopi Nikmat

Channel Youtube Kopi Nikmat
(klik gambar logo)

Fanpage di Facebook

Popular Posts

Search This Blog